Kita Tidak Harus Mahir untuk Menikmati Video Game

Oleh : Bustommyzw | 2022-05-10 10:48:33

Faktanya, sebuah game merupakan sebuah produk hiburan layaknya musik, film, buku atau permainan tradisional yang dapat kita gunakan. Game sendiri, dibuat sebisa mungkin agar mampu dinikmati untuk semua orang. Namun pada akhirnya game akhirnya memiliki beragam jenis serta genre yang membuatnya mungkin tidak cocok untuk beberapa player yang da.

Setiap orang tentu memiliki selera dan keterbatasannya dalam bermain game. Jika kita tidak suka game shooter, kiya mungkin tetap tidak tertarik dengan VALORANT meskipun game ini sedang sangat populer. Jika memang punya kendala motion sickness, kita mungkin tak akan dapat bermain seri Portal. Jika kita bukan tipe pemain yang bisa melakukan gerakan presisi, tentunya kita juga mungkin tidak bisa bermain game platformer sulit seperti Hollow Knight atau Celeste. Yap, mungkin bisa, namun setelah menghabiskan waktu beberapa kali lipat lebih lama dari pemain pada umumnya.

Namun, untungnya game tidak seperti film, musik ataupun buku, game merupakan media hiburan yang bersifat interaktif. Developer selalu memberikan opsi serta konten agar kita mampu menikmati game dengan cara kita sendiri. Hal ini perlu untuk dilakukan sebab semua orang memiliki cara berbeda ketika bersenang-senang dalam bermain game.

Sebagai contoh ketika kita bermain game MMORPG, tentu akan lebih suka bermain pada jarak jauh dan menghasilkan damage besar seperti mage. Namun pada sisi lain kerabat kita mungkin lebih suka berada di garis depan serta menghajar para musuh langsung dengan senjata ukuran besar. Kemudian ada juga yang sama-sama suka di garis depan, tapi untuk melindungi rekan setimnya dan menjadi tank. Tidak satupun dari pemain tersebut bermain dengan cara yang salah dengan karakteristik cara bermainnya masing-masing. Untik kita ketika kita bermain game tidak harus jago namun hal paling penting adalah bagaimana kita menikmati game.

Selain itu tiap orang juga punya pendapat berbeda mengenai bagian apa yang mereka nikmati dari sebuah game. Misalnya saat bermain Yakuza, kita mungkin sangat tertarik mengikuti storyline yang menggugah dan hanya mengikuti cerita utama tersebut. Namun di sisi lain temanmu mungkin lebih suka menghabiskan waktu dengan aktivitas sampingan seperti bermain Tamiya atau mesin crane. Apakah temanmu bermain dengan cara yang salah? Tidak juga, karena pada akhirnya ia tetap senang bermain game tersebut. Cara bermain yang berbeda juga tidak merusak pengalamanmu sendiri ketika bermain.
Tags : Games, Allgame