breaking news New

Jenis Magnet Yang Digunakan Pada Kompas

gambar tersebut menyebutkan jenis magnet pada kompas gambar tersebut menyebutkan jenis magnet pada kompas

Jenis Magnet Yang Digunakan Pada Kompas

Perlu diketahui jenis magnet yang digunakan pada kompas adalah magnet jarum. Magnet tipe ini berguna untuk menentukan arah kompas sesuai dengan arah mata angin. Mungkun masih banyak orang yang belum tahu tentang apa itu magnet jarum.

Padahal, kompas bekerja sesuai dengan kerja magnet jarum. Maka dari itu, ini dia daftar jenis magnet yang digunakan untuk memuat kompas. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Magnet Alami
  • Jenis yang pertama adalah magnet alami. Magnet alami ini terbuat dari batuan-batuan yang memiliki sifat untuk menarik suatu benda. Benda yang dapat tertarik oleh magnet alami ini umumnya terdiri dari bahan besi.

    Sehingga, benda apapun yang terbuat dari besi dapat ditarik dengan magnet alami. Maka dari itu, magnet alami yang digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan kompas. Umumnya, magnet alami ini memiliki sifat menarik benda yang sangat kuat.

    Magnet jarum ini terbuat dari magnet alami yang telah diproses sedemikian rupa hingga memiliki daya tarik yang cukup lemah.

    1. Magnet Buatan

    Jenis yang kedua yakni magnet buatan. Magnet buatan ini juga terbuat dari batuan yang memiliki sifat menarik benda dari besi. Magnet buatan ini memang sengaja diproduksi oleh perusahaan tertentu untuk kebutuhan konsumen.

    Jadi, jenis magnet yang digunakan pada kompas adalah magnet jarum yang dibuat oleh industri. Secara umum, magnet buatan ini memiliki cara kerja yang mirip dengan magnet alami.

    Akan tetapi, letak perbedaannya ada pada daya tarik dari magnet tersebut. Selain magnet jarum, ada beberapa jenis magnet buatan yang kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kompas.

    Salah satunya adalah magnet batang, magnet silinder, hingga magnet ladam. Secara fungsi, tentu tidak memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Letak perbedaannya hanya ada pada model dan bentuknya saja.

    1. Feromagnetik

    Memang, jenis magnet yang digunakan pada kompas adalah magnet jarum. Hanya saja, produsen magnet memberikan perbedaan kekuatan daya tarik. Salah satu jenis massa magnet yang diproduksi oleh perusahaan adalah feromagnetik.

    Feromagnetik adalah salah satu jenis magnet yang memiliki daya tarik paling kuat. Ada beberapa contoh nikel dan kobalt. Kedua jenis magnet ini dapat menarik benda dari radius setengah meter. Maka tak heran jika keduanya adalah jenis magnet yang dibanderol harga tertinggi di pasaran tentunnya.

    1. Paramagnetik

    Perlu Anda pelajari bahwa jenis magnet yang digunakan pada kompas adalah magnet jarum. Nah, magnet jarum ini masuk dalam kategori paramagnetik. Artinya, paramagnetik adalah suatu benda yang memiliki kandungan magnet lemah dan kemudian digunakan untuk produk tertentu, seperti kompas.

    Selain digunakan sebagai baku pembuatan kompas, paramagnetik ini juga digunakan untuk memproduksi bahan lain. Salah satunya adalah produk yang terbuat dari bahan alminium atau platina.

    Jadi, Anda harus mengetahui betul apa perbedaan mendasar dari feromagnetik dan paramagnetik. Khusus untuk pembuatan kompas, maka magnet yang digunakan berasal dari tipe paramagnetik.

    1. Magnet dioda

    Magnet dioda adalah suatu jenis magnet yang dihasilkan dari perputaran peralatan elektronik. Artinya, magnet ini dapat berfungsi apabila diputar dalam kecepatan tertentu.

    Nah, berhubung jenis magnet yang digunakan pada kompas adalah magnet jarum. Maka, magnet dioda ini tidak cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kompas. Anda dapat menggunakan jenis magnet lainnya untuk membuat kompas secara mandiri.

    1. Diamagnetik

    Dan jenis yang terakhir adalah diamagnetik. Diamagnetik merupakan suatu bahan yang dipercaya memiliki medan magnet. Namun, setelah diolah oleh perusahaan menjadi tidak mengandung kadar magnet.

    Maka, jenis magnet yang digunakan pada kompas adalah magnet jarum dan bukan berasal dari diamagnetik. Dengan begitu, maka jam yang ada dirumah menggunakan magnet jarum untuk mengikuti arah yang dituju.

    Magnet adalah salah satu jenis batuan yang memiliki sifat untuk menarik benda dari besi. Selain itu, magnet juga digunakan untuk keperluan industrial, salah satunya adalah membuat kompas. Kompas ini berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin.

    Maka dari itu, ketahui jenis magnet yang digunakan pada kompas adalah magnet jarum.