breaking news New

Tutorial Cara Memulai Reksadana di Bank Mandiri Beserta Keuntungannya

gambar tersebut menjelaskan tentang cara memulai reksadana di bank mandiri dan keuntungannya gambar tersebut menjelaskan tentang cara memulai reksadana di bank mandiri dan keuntungannya

Tutorial Cara Memulai Reksadana di Bank Mandiri Beserta Keuntungannya

Banyak orang mencari tahu bagaimana cara memulai reksadana di Bank Mandiri. Ya, tabungan investasi reksadana menjadi salah satu produk dari Bank Mandiri untuk para nasabah yang ingin mencari keuntungan tambahan di tengah pandemi virus corona. Sebab, investasi reksadana adalah produk yang paling menguntungkan bagi para nasabah Bank Mandiri.

Bagi Anda yang belum paham tentang definisi reksadana, maka Anda wajib mempelajarinya terlebih dahulu. Reksadana adalah suatu produk investasi yang dikelola langsung oleh orang-orang berpengalaman dalam bidang tersebut.

Produk investasi ini telah diatur dalam Undang-Undang Pasar Modal Nomo 8 Tahun 1955. Umumnya, produk reksadana yang disediakan oleh Bank Mandiri ini cukup beragam. Sebagai nasabah, Anda dapat memilih salah satu produk reksadana sesuai dengan target keuntungan yang akan dicapai.

Daftar Produk Reksadana yang Disediakan oleh Bank Mandiri

Memang, Bank Mandiri ini menyediakan berbagai macam produk reksadana yang dapat dipilih para nasabah. Setiap produk reksadana ini memiliki keuntungan tersendiri. Hanya saja, Anda wajib tahu jenis-jenis reksadana dari Bank Mandiri. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang menjadi salah satu produk yang disediakan oleh Bank Mandiri. Cara memulai reksadana di Bank Mandiri untuk jenis pasar uang ini sangat mudah dan rendah resiko.

Anda hanya menyetor deposito ke Bank Mandiri melalui mekanisme dan proses yang telah ditentukan. Untuk reksadana pasar uang ini nilainya cukup stabil karena acuannya adalah deposito bank umum.

  1. Reksadana Obligasi

Reksadana obligasi juga menjadi salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank Mandiri kepada para nasabah. Reksadana obligasi ini tentu saja berbeda dengan produk lainnya. Sebab, dana deposito reksadana yang disetorkan oleh nasabah akan digunakan untuk membeli obligasi atau surat hutang milik Negara atau perusahaan-perusahaan tertentu.

Biasanya, reksadana obligasi ini berlaku selama 1 tahun. Selain menawarkan keuntungan cukup besar, namun resiko memilih reksadana obligasi ini juga cukup tinggi. Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu cara memulai reksadana di Bank Mandiri sebelum memulai investasi.

  1. Reksadana Campuran

Bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan reksadana pasar uang, maka nasabah dapat memilih reksadana campuran. Reksadana campuran ini menempatkan modal untuk diinvestasikan pada pasar uang, saham, hingga obligasi.

Memang, keuntungan yang didapatkan lebih besar dibandingkan dengan jenis pasar uang. Hanya saja, resiko dalam berinvestasi melalui reksadana campuran juga terbilang cukup tinggi.

Tutorial Lengkap Cara Memulai Reksadana di Bank Mandiri

Setelah Anda mengetahui daftar produk reksadana yang disediakan oleh Bank Mandiri, maka segera pelajari cara memulai berinvestasi. Melalui Bank Mandiri, Anda akan dipandu untuk belajar terkait tata cara pengelolaan dana investasi reksadana sesuai dengan produk yang dipilih.

Langkah pertama, pilih produk reksadana yang disediakan oleh Bank Mandiri. Silahkan Anda pilih jenis reksadana yang menguntungkan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dan jangan lupa, ketahui resiko dari produk reksadana yang dipilih.

Sebab, semakin besar keuntungan yang didapatkan juga sebanding dengan resiko kerugiannya. Untuk mengetahui potensial resiko dari produk reksadana yang dipilih, maka nasabah dapat berkonsultasi dengan nasabah lain.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan pakar reksadana untuk mengetahui keuntungan dan resiko tiap-tiap produk dari Bank Mandiri.Dan jangan lupa, pilih produk reksadana sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan. Sebab, jangka waktu reksadana minimal adalah 1 tahun hingga tanpa batas waktu maksimal.

Langkah kedua, Anda dipersilahkan untuk datang langsung ke Bank Mandiri cabang terdekat. Lalu, beritahu resepsionis bahwa Anda bertujuan untuk membuka tabungan investasi reksadana. Memang, cara memulai reksadana di Bank Mandiri adalah membuka tabungan terlebih dahulu.

Pembukaan tabungan ini dibantu oleh petugas yang berwenang dari Bank Mandiri. Nasabah juga dapat membuka tabungan reksadana Bank Mandiri dari pihak ketiga, yakni agen penjualan reksadana. Sebab, Bank Mandiri juga bekerja sama dengan pihak ketiga dalam mengelola dana investasi reksadana yang dipilih oleh nasabah.

Langkah ketiga, lakukan penyetoran dana untuk investasi reksadana yang dipilih oleh nasabah. Proses penyetoran ini cukup mudah. Anda dapat melakukan penyetoran secara manual melalui Teller Bank Mandiri atau melalui transfer antar bank.

Dan cara memulai reksadana di Bank Mandiri yang terakhir adalah memantau pertumbuhan investasi. Bank Mandiri memang menyediakan aplikasi bagi para nasabah untuk melihat pertumbuhan investasi reksadana. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengkalkulasi besaran keuntungan dan kerugian dalam menjalankan produk investasi reksadana dari Bank Mandiri.

Tabungan investasi reksadana menjadi salah satu cara meraup keuntungan di tengah pandemi virus corona. Salah satu bank terbesar di Indonesia, yakni Bank Mandiri memang menyediakan produk tabungan investasi reksadana bagi para nasabah. Untuk itu, nasabah perlu mengetahui cara memulai reksadana di Bank Mandiri sembari mengkalkulasi keuntungan dan kerugiannya.